Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon

Salah satu ajang bagi para pemain Pokemon GO untuk unjuk kebolehan adalah melalui Gym. Meskipun Pokemon GO baru saja dirilis, Gym yang tersedia sudah menjadi rebutan antar ketiga tim. Selain unjuk kebolehan , Gym juga bisa digunakan sebagai ajang mencari PokeCoins gratis. Syarat utama untuk melakukan battle Gym adalah telah mencapai level 5 dan memilih salah satu dari tiga tim: Instinct (kuning), Mystic (biru), atau Valor (merah).
Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon GO Agar Selalu Menang

Battle Gym Pokemon GO

Untuk melakukan battle, yang harus teman-teman lakukan adalah mendekat dan memilih Gym yang diinginkan. Jika Gym dikuasai tim lain, battle bisa dilakukan untuk menurunkan nilai prestige hingga 0 dan Gym menjadi netral. Saat Gym netral, yang ditandai berubah warna menjadi Putih, teman-teman bisa menguasainya dengan memilih satu Pokemon untuk bertahan.
Jika Gym dikuasai tim yang sama, teman-teman bisa melakukan tarining untuk menaikkan nilai prestige dan level Gym agar lebih banyak Pokemon yang bisa digunakan untuk bertahan. Masing-masing pemain hanya bisa menugaskan satu Pokemon di setiap Gym.

Cara Melakukan Battle Gym Pokemon GO

Setelah mendekat dan memilih Gym, pilih tombol battle yang ada di kanan bawah. Pokemon yang bisa digunakan untuk battle berjumlah 6 dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon GO Agar Selalu Menang 1
Persiapan battle
Saat tombol GO ditekan, Pokemon yang pertama kali harus dilawan adalah Pokemon terlemah yang mempertahankan Gym. Serangan Pokemon yang mempertahankan Gym diatur oleh AI. Beberapa pergerakan yang bisa dilakukan saat battle:
  • Tap (sentuh layar): menyerang (skill pertama)
  • Swipe (geser layar ke kanan atau kiri): menghindari serangan
  • Long tap (sentuh dan tahan): menyerang (skill kedua/spesial)

Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon GO Agar Selalu Menang 2
Skill spesial
Di bagian atas layar terdapat bar berwarna biru dibawah bar hit point (HP). Jika bar biru terisi penuh, teman-teman bisa mengeluarkan skill spesial dengan melakukan long tap. Pokemon akan kalah saat HP habis. Saat Pokemon lawan kalah, Pokemon lain yang mempertahankan Gym akan muncul. Jika ingin mengganti Pokemon yang digunakan untuk battle, pilih tombol switch yang ada di kanan bawah.
Battle dianggap menang jika semua Pokemon yang mempertahankan Gym berhasil dikalahkan. Saat menang, nilai prestige Gym berkurang dan salah satu Pokemon yg mempertahankan Gym akan hilang (kembali ke pemiliknya).

Efek Battle Gym

Pokemon yang dikalahkan saat mempertahankan Gym akan kembali ke pemiliknya dengan keadaan HP habis. Item yang bisa digunakan untuk memulihkan HP adalah Potion.
Pokemon yang kalah saat melawan pertahanan Gym akan pingsan dan bisa dipulihkan dengan Revive.

Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon GO

Amati CP Pokemon lawan
Jika CP Pokemon yang akan dilawan jauh diatas CP Pokemon yang teman-teman punya, lebih baik tidak menyerang karena hanya akan membuang-buang item Revive dan Potion .
Nekat boleh, asal tetap melakukan perhitungan .
Maksimalkan Serangan dengan memilih tipe Pokemon yang sesuai
Terdapat 16 tipe Pokemon: normal, fire, water, electric, grass, ice, faghting, poison, ground, flying, psychic, bug, rock, ghost, dragon, dark, steel, dan fairy . Masing-masing Pokemon memiliki satu atau lebih tipe, dan masing-masing tipe memiliki kelemahan terhadap tipe lain.
Efektifitas serangan dibagi menjadi: no effect, not very effective, normal, super effective. Teman-teman bisa melihat tabel dibawah untuk efektifitas serangan masing-masing tipe Pokemon:

efektifitas serangan masing-masing tipe Pokemon
Gambar dari pokemondb.net
Misalkan menemukan Gym dengan pertahanan Pokemon bertipe fire, teman-teman bisa menyerang dengan Pokemon bertipe water, ground, atau rock untuk serangan super effective.
Jika teman-teman belum hafal kelemahan masing-masing tipe, cek tabel sebelum battle!
Menyerang secara bersamaan
Battle Gym bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Cara menyerang bersama ini sangat efektif, karena Pokemon yang bertahan akan lebih cepat dikalahkan, dan akan lebih hemat Revive dan Potion.

Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon GO Agar Selalu Menang 3
Menyerang Gym bersama pemain lain
Semoga strategi terbaik battle Gym Pokemon GO dapat membantu teman-teman dalam bermain. Meskipun saling berebut Gym antar tim, tetap jaga keakraban antar pemain Pokemon GO! Selamat bertanding dan mempertahankan Gym!

3 Responses to "Strategi Terbaik Battle Gym Pokemon"

  1. Are you not playing Pokemon Go? Download The Latest Version (Available for Android and iOS)

    ReplyDelete
  2. According to Stanford Medical, It's indeed the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 42 pounds less than us.

    (And actually, it really has NOTHING to do with genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to see if this easy questionnaire can help you discover your real weight loss potential

    ReplyDelete
  3. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160000 women and men are utilizing a simple and secret "water hack" to lose 2 lbs each night in their sleep.

    It's painless and works with everybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Go grab a drinking glass and fill it up half glass

    2) Then do this weight loss HACK

    and you'll be 2 lbs skinnier the next day!

    ReplyDelete